Kredit Kendaraan Tanpa DP,Untung atau Buntung ?

INDOHARIANNEWS – Bingung Mau Kredit Kendaraan Tanpa DP atau tidak ? Mari Kita Bedah

Kredit DP Nol Persen

Belum lama Bank Indonesia (BI) mengeluarkan program pelonggaran kredit kendaraan tanpa DP (Down Payment) / Uang Muka nol persen untuk pembelian rumah.

Dengan cara sang pembeli harus mengikuti fasilitas resmi pemerintah yang biasa kita kenal dengan sebutan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Nah sekarang ada kabar gembira lagi nih buat kamu para pembaca setia Indohariannews yang mungkin lagi pusing mikirin,

“Kapan yah kebeli motor atau mobil” sambil garuk garuk kepala dan berhayal.

Sekarang kalian gak perlu lagi berhayal sambil garuk-garuk kepala ngebayangin beli motor dan mobil pribadi sendiri.

Karna baru saja keluar ketentuan dari pemerintah bahwa, kredit kendaraan tanpa DP juga berlaku untuk pembelian kendaraan bermotor.

Baru-baru ini Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja mengeluarkan realisasi kredit kendaraan tanpa DP untuk pembeliaan mobil maupun motor.

Mimpi yang terwujudkan

Tapi…masih ada tapi nya nih…

Tidak sembarang orang bisa mengajukan Kredit tanpa uang muka ini loh yah,

karna masih ada ketentuan yang menyebutkan bahwa program ini hanya bisa diberikan oleh para perusahaan pembiayaan (Multifinance).

Dan perusahaan Multifinance ini pun juga harus masuk kriteria pemerintah,

yaitu mereka (Perusahaan Multifinance) harus memiliki rasio pembiayaan bermasalah di bawah 1 persen.

Dengan ketentuan ini, artinya ada peluang bagi kamu kamu semua yang lagi ngidam dan bermimpi,

kapan bisa punya kendaraan pribadi sendiri tanpa harus membayar uang muka sepeser pun, alias kredit kendaraan tanpa DP.

Dengan begitu, kamu semua bisa langsung memasuki mekanisme pembayaran cicilan setiap bulan sesuai dengan masa atau tenor yang berlaku.

Rizal (27), seorang pegawai swasta di bidang pertambangan mengaku cukup lega mendengar kabar tersebut.

Maklum saja, ia tengah mencincar mobil keluaran baru dari salah satu produsen Jepang.

“Soalnya nabung DP itu perlu waktu banget,sedangkan kebutuhan nya kan mendadak dan harus cepet cepet beli” ungkap Rizal

“Kalau harus nunggu uang DP terkumpul dulu,waah pasti lama banget, sedangkan kalau tidak perlu pakai uang DP kan jadi nya rencana saya bisa cepat terealisasikan.” tambahnya.

Antara Mimpi Cepat Terwujud & Bayar Cicilan Mulu

Sebaliknya, Prayoga (26), seorang pegawai di salah satu bank negara justru tak berminat dengan “Jalan Pintas”dari OJK ini.

Karena, menurut perhitungan nya, pembelian tanpa DP justru membuat nominal cicilan nya lebih tinggi.

“Waduh, nanti cicilan nya banyak banget, trus tenor nya juga jadi nambah dong. kalau di kalkulasikan, nanti mahal sekali harga yang harus di bayar.” Ungkasnya.

Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Planning Agustina Ribka Fitriani mengatakan DP nol persen memiliki dua sisi nih.

Buat kamu kamu yang membutuhkan kendaraan untuk membantu mobilitas, namun butuh waktu lama untuk memenuhi ketentuan uang muka, maka opsi ini bisa di ambil.

“Apalagi kalau kendaraan yang di beli menggunakan program ini di pakai untuk menunjang kebutuhan alias modal ‘usaha’, opsi kredit ini cocok buat anda.” ujarnya.

Kredit DP Nol Persen

Namun kalian juga harus ingat, ketika melakukan pembelian tanpa uang muka, maka otomatis cicilan yang dibayarkan akan lebih besar.

Apalagi jika jangka watu pinjaman pendek, biaya cicilan pasti akan meroket ke atas !

Sedangkan apabila kamu mau membuat biaya cicilan tidak begitu besar setiap bulannya, maka kamu harus rela deh mengambil tenor yang agak panjang.

Namun, sebenarnya, pembelian tanpa uang muka, cicilan rendah, dan tenor lebih panjang justru sebenarnya membuat kamu makin merugi loh.

Karna, pasti ada kenaikan bunga pada setiap tahun cicilan.

Lalu, tren kendaraan biasanya bergerak cepat, sehingga pasti ada ‘penurunan nilai jual’ yang perlu di perhitungkan setiap tahun nya.

“Selain itu, sebenarnya sangat tidak di anjurkan untuk melakukan pengambilan cicilan pengeluaran yang terlalu konsumtif dalam jangka panjang ini.”

“Seharusnya maksimal 3-5 tahun saja, beda dengan rumah yang memang untuk jangka panjang dan nilai jual nya cenderung naik daripada turun.” jelasnya.

Jadi DP atau Tanpa DP ?

Kredit DP Nol Persen

Menurut Agustina, apabila kamu para readers punya uang lebih,

lebih baik untuk melakukan pembelian kendaraan dengan DP alias uang muka terlebih dahulu.

Hal ini tak hanya demi meringankan cicilan selanjutnya,

tapi juga membuat diri sendiri menjadi lebih berkomitmen untuk mengukur kemampuan dalam membeli kendaraan dalam jangka panjang.

Karna fakta nya, saat kamu membeli sebuah kendaraan, kamu tidak hanya berhadapan dengan nilai yang harus di bayar atas kendaraan mobil atau motor yang kamu beli.

Tapi kamu juga harus ingat kalau ada biaya perawatan, biaya asuransi, dan juga jangan lupa pajak kendaraan yang harus kamu lunasi.

“Perlu diitung juga untuk tiga hal tersebut, jangan sampe udah kebeli mobil, eh tapi gagal memenuhi biaya untuk perawatan dan kerusakan mobil nya, asuransinya, atau perpajakan nya.”tuturnya.

Ingat ya guys…sebelum melakukan suatu pembelian berbentuk cicilan atau kredit,

perhitungkan dahulu berapa kira kira akumulasi total biaya yang di keluarkan setiap bulan nya,

apakah melebihi kemampuan finansial kamu atau tidak, jangan sampai sudah capek capek cicil, di tengah jalan malah di tarik lagi !

Sekian dari kami,Terimakasih atas waktu dan kunjungan nya (Klv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *